Apa Itu Bataton Atau Bata Beton?

Apa itu bataton – Bagi beberapa orang memilih lebih senang dan puas jika membangun rumah dibandingkan membeli rumah yang sudah jadi. Ya, seperti yang kita ketahui bahwa jika membangun rumah dari awal kita dapat merancangnya sendiri dari segala aspek. Selain itu pun, kita sebagai pemilik rumah dapat memilih bahan untuk pembangunannya. Sebelum membahas mengenai pemilihan bahan, lebih baik kita membicarakan masalah konsep rumah yang kita inginkan. Inilah kelebihan jika membangun rumah dari awal, kita dapat menyusun seperti apa rumah yang kita inginkan, apakah model minimalis, klasik, american style, modern, atau model lainnya. Interior, eksterior, serta perabotan di dalamnya pun kita dapat sesuaikan dengan model atau konsep bangunan rumah kita. Setelah itu, hal yang menyenangkan lainnya adalah kita dapat memilih sendiri kualitas bahan yang kita gunakan untuk membangun rumah kita. Hal ini penting karena banyak kasus, dimana membeli rumah yang sudah jadi, tetapi baru sebentar ditempati, ada bagian-bagian yang sudah rapuh ataupun tidak awet. Tentunya hal itu akan sangat merugikan diri kita, bukan? Dalam membangun rumah, tentunya diperlukan untuk pemilihan bahan yang tepat, khususnya untuk pembangunan 3 aspek penting yaitu pondasi rumah, kerangka dinding rumah, dan juga atap rumah. Kali ini kita akan membahas seputaran bahan untuk membuat dinding rumah seperti bataton. Apa itu bataton?

Apa itu bataton, pastinya banyak orang bertanya-tanya seperti apa itu bataton. Apakah ada hubungannya dengan beton? Ya, memang benar ada hubungannya dengan beton. Seperti yang kita ketahui bahwa biasanya kita membangun rumah dengan menggunakan material yang dinamakan batu bata atau bata merah, bukan? Ya, memang sebagian besar rumah-rumah di Indonesia menggunakan bata merah dan juga bata ringan untuk membangun dinding rumah. Namun, seperti yang kita ketahui bahwa sebagian besar produsen pembuat bata merah ataupun bata ringan masih tradisional sehingga proses produksinya masih konvensional. Dengan begitu pembuatan batu merah dan bata ringan tergantung dari cuacanya. Jika hujan maka bata merah tidak bisa dioven atau dikeringkan di bawah matahari. Belum lagi ukuran batu bata atau bata merah yang tidak presisi atau sama, membuat orang yang memasang batu bata ini membutuhkan waktu untuk memasanganya. Karena hal-hal tersebutlah membuat orang-orang mulai memilih menggunakan bataton. Bataton atau bata beton terbuat dari bahan-bahan seperti semen ditambah dengan bahan lainnya yaitu pasir, air, dan bahan lainnya. Pada umumnya bataton terdiri dari 3 jenis yaitu:

  1. Bata Beton Interlock, memiliki rongga. Di kedua sisinya ada cekungan dan tonjolan. Pengunciannya dengan membuat posisi beton tidak bergeser dan mengikat 2 arah.
  2. Bata Beton Aerasi, memiliki bobot yang ringan. Bataton jenis ini sangat cocok untuk rumah bertingkat karena tidak akan membebani struktur dinding di lantai bawah. Bataton ini tahan air, kedap suara, dan juga tahan api.
  3. Bata beton berongga, bentuk bataton ini terdiri bentuk H untuk badan dinding, U untuk pengikat pondasi, dan setengah H untuk tambahan. Rongga yang ada ditengahnya dapat digunakan untuk menempatkan kabel listrik dan jalur pipa kabel.

Sudah tahu bukan apa itu bataton dan jenisnya? Nah, tentunya bataton memiliki kelebihannya dibanding dengan bata merah ataupun bata ringan. Kelebihan dari bataton antara lain yaitu ukurannya lebih besar dari bata merah sehingga membuat hemat waktu pengerjaan, ukuran yang sama membuat kemudahan dalam pembuatan dinding, menghemat biaya pembuatan dinding, dan sebagainya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s